November 29, 2022

4 Bahan Rumah Tangga untuk Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Tanpa Efek samping dan Aman

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering terjadi. Biasanya ketombe muncul dari orang yang jarang keramas atau tidak menjaga kebersihan rambut. Jika memiliki masalah ketombe, wajib mengetahui cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini.

 

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe adalah suatu kondisi yang tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan shampo anti ketombe. Bisa juga memakai cara alami berikut ini :

Minyak kelapa

Kulit kepala yang kering bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe semakin banyak. Memakai minyak kelapa bisa membantu menghilangkan ketombe secara alami. 

Selain itu, minyak kelapa juga bisa mengobati eksim yang bisa memicu timbulnya ketombe. Minyak kelapa memiliki kandungan sifat antimikroba yang bisa mengusir jamur penyebab infeksi. 

Cara pemakaian nya dengan menuangkan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan secara perlahan ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan kurang lebih satu jam. Lalu bilas sampai bersih dengan memakai shampo. 

Lidah buaya

Kandungan anti radang dan anti jamurnya lidah buaya ternyata bisa juga mengatasi ketombe secara alami. Pemakaian lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan sebagai produk kesehatan rambut, salah satunya adalah Sunsilk. 

Jika ingin memakai lidah buaya sebagai cara menghilangkan ketombe. Cukup oleskan gel lidah buaya segara yang sudah dihaluskan ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian bilas sampai bersih. 

Cuka apel

Bahan alami selanjutnya adalah cuka apel. Sifat asam pada cuka apel bisa membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kepala. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat menyeimbangkan pH kulit rambut. 

Jika ingin mencoba cuka apel untuk menghilangkan ketombe. Maka caranya dengan mencampurkan beberapa tetes cuka apel pada shampo atau minyak esensial lainnya. 

Soda kue atau baking soda

Selain untuk bahan pengembang kue, ternyata soda kue juga bisa untuk bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Mengandung zat eksfolian, soda kue bermanfaat mengangkat minyak dan sel kulit mati pada kepala. 

Cara pemakaiannya adalah balurkan 2 sampai 3 sendok makan soda kue di kulit kepala yang dalam keadaan basah. Diamkan selama 2 menit, lalu bilas sampai bersih. Ingat, jangan terlalu sering memakainya terlalu sering karena di dalamnya memiliki kadar pH tinggi. 

Itulah 4 bahan yang bisa dipakai untuk cara menghilangkan ketombe secara alami. Bahan yang mudah didapatkan dan murah harganya. Selain itu, semua bahannya pasti aman bagi rambut dan kulit kepala. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.