Desember 6, 2021

4 Keuntungan Penggunaan Baja Ringan Makassar

Baja ringan Makassar dapat menjadi pilihan jika tempat tinggal Anda berada di sekitar daerah tersebut. Letak geografis Makassar yang sering gempa, menjadikan penggunaan baja ringan sebagai tiang penyangga atap rumah adalah pilihan yang terbaik. Dengan massa yang tidak terlalu berat, resiko cedera dapat diminimalisir.

Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Makassar

Penggunaan baja ringan Makassar akan memberikan keuntungan yang tersendiri karena mempunyai kualitas yang sangat baik. Baja ringan bersifat tidak mudah lapuk dan tidak mudah mengalami penyusutan. 

Material dengan Massa Ringan

Material pembuatan baja ringan adalah karbon, yang memiliki massa yang ringan. Sehingga dengan ketebalan produk dari 0,50 mm -1 mm material ini memiliki berat yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan kayu.

Anda dapat mengunjungi toko yang menyediakan material ini untuk mendapatkan konfirmasi tentang harga baja ringan Makassar. Karena, mungkin saja setiap daerah memiliki perbedaan harga, yang sebabkan jauh dekatnya daerah tersebut dari pusat produksi.

Kokoh

Baja ringan memiliki daya tahan yang sangat baik, karena tidak mudah lapuk oleh cuaca atau aktivitas biologis lainnya, misalnya rayap. Pun dalam jangka waktu yang cukup panjang, tidak mengalami penyusutan yang significant.

Strukturnya Fleksibel

Selain bahan kayu yang digunakan sebagai kuda-kuda dan tiang penyangga atap rumah, baja ringan seringkali dibandingkan dengan penggunaan baja konvensional. Namun, dalam hal kelenturan, baja ringan mempunyai sifat lentur yang jauh lebih baik dibandingkan dengan baja konvensional. 

Tegangan tarik yang dimiliki oleh baja ringan sekitar 550 Mpa, dan itu bernilai cukup tinggi. Bandingkan saja dengan baja konvensional yang nilai tegangan tariknya hanya 300 Mpa. Itulah yang menyebabkan daya lentur baja ringan jauh lebih baik, Karena sifatnya yang lentur inilah, baja ringan dapat menyerap energi dalam jumlah lebih besar.

Sifat baja ringan yang  mempunyai struktur yang fleksibel alias lentur ini membuatnya memiliki tahanan  terhadap tinggi jika terdapat goncangan. Struktur tersebut akan bergerak mengikuti arah gelombang kejut gempa. Momen yang dimiliki oleh baja ringan akan cukup kuat menahan getaran yang disebabkan oleh gempa.

Tahan Api

Baja ringan terbuat dari bahan tahan api, yang artinya tidak mudah terbakar. Jika pada daerah gempa terjadi kebakaran, maka dengan penggunaanya dapat meminimalisir peristiwa tersebut.

 

Bagi Anda yang tinggal di Makassar dapat menggunakan baja ringan Makassar, sebagai alternatif lain untuk membuat tiang penyangga atap rumah. Kunjungilah  website https://bajaringanmakassar.com/, untuk informasi lebih lanjut tentang beragam jenis baja ringan yang cocok untuk hunian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *