Desember 7, 2022

5 Alasan Penting untuk Memiliki Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa penting dimiliki setiap orang saat ini. Selain masih dalam kondisi pandemi, Anda juga perlu mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam hidup. Tidak hanya untuk Anda, tetapi juga untuk pasangan, anak-anak dan juga asuransi jiwa untuk orangtua Anda.

Banyak manfaat dan peran asuransi jiwa, untuk individu maupun masyarakat. Peran asuransi jiwa dan stabilitas masyarakat adalah asuransi jiwa sebagai salah satu sumber keuangan, pengalih risiko tertentu, dan tabungan masa depan sehingga tercipta stabilitas masyarakat.

5 Alasan Penting untuk Memiliki Asuransi Jiwa

Mengapa Anda perlu memiliki asuransi jiwa? Berikut ini merupakan 5 alasan penting yang perlu anda pahami.

  1.   Perlindungan dari Kejadian Tak Terduga

Banyak sekali kejadian tak terduga yang dapat terjadi dalam hidup anda, untuk itu asuransi jiwa dapat melindungi Anda dan keluarga dari hal tersebut. Asuransi jiwa akan memproteksi Anda seumur hidup dari berbagai risiko, seperti kecelakaan, cacat permanen, musibah, dan sebagainya.

  1.   Perlindungan Ahli Waris

Bila kepala keluarga atau tulang punggung keluarga meninggal dan tidak ada sumber penghasilan lagi untuk keluarga, asuransi jiwa dapat mengganti penghasilan utama, sehingga melindungi keluarga Anda dari kesulitan finansial.

Asuransi jiwa juga melindungi aset Anda, seperti rumah, mobil, tanah, dan sebagainya. Ketika Anda meninggal, perusahaan asuransi akan melindungi aset tersebut dari sembarang pihak yang ingin mengambil alih, dan akan diberikan kepada ahli waris.

  1.   Sebagai Tabungan dan Investasi

Memiliki asuransi jiwa akan membuat Anda berusaha untuk mengatur keuangan lebih baik agar dapat membayar premi. Biasanya dalam kontrak asuransi, Anda mendapat jaminan pengembalian investasi dengan jangka waktu tertentu, mulai dari 5 hingga 10 tahun.

  1.   Bisa Digunakan untuk Membayar Utang

Asuransi jiwa juga bisa digunakan untuk membayar utang-utang Anda seperti kartu kredit maupun Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) apabila terjadi risiko yang menyebabkan Anda atau keluarga kesulitan membayar seperti cacat fisik hingga meninggal dunia.

  1.   Memberi Ketenangan

Asuransi jiwa akan membantu Anda merencanakan masa depan atau masa pensiun dengan lebih santai, sehingga dapat memberikan ketenangan dalam menjalani hidup Anda.

Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa terbagi menjadi 5 jenis berdasarkan manfaatnya dan tujuannya, simak penjelasan berikut ini.

1.    Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka terbagi menjadi berjangka tetap, menurun, dan meningkat. Polis asuransi jiwa berjangka tetap adalah perjanjian antara perusahaan dan nasabah yang memberikan manfaat kematian dengan jumlah yang sama selama jangka waktu polis.

Sementara asuransi jiwa berjangka lain, nilainya akan menurun atau meningkat selama jangka waktu polis, sesuai kesepakatan.

2.     Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Secara umum, polis asuransi jiwa seumur hidup diklasifikasikan ke dalam dua kategori, yakni:

3.    Polis Asuransi Jiwa Langsung  

Polis ini tetap dibayarkan selama tertanggung hidup dengan maksimal usia 100 tahun dan nilai asuransi akan  setara dengan jumlah yang dibayarkan selama waktu tersebut.

4.     Polis Jiwa Seumur Hidup Pembayaran Terbatas

Polis ini memberi proteksi seumur hidup dengan pembayaran premi selama jangka waktu yang telah disepakati.

5.     Asuransi Unit Link

Asuransi unit link menggabungkan manfaat asuransi sekaligus memberi nilai investasi. Perusahaan asuransi jiwa unit link melakukan dan mengelola investasi setelah nasabah telah membayar lunas biaya akuisisi (biasanya untuk 5 tahun pertama).

6.     Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna memiliki tanggal jatuh tempo, yakni perusahaan akan memberikan manfaat asuransi bila nasabah hidup hingga akhir jatuh tempo, maupun meninggal sebelum tanggal jatuh tempo.

7.    Asuransi Jiwa untuk Orang Tua

Asuransi jiwa untuk orang tua adalah jenis asuransi untuk nasabah dengan usia antara 60 hingga 99 tahun. Banyak perusahaan menyediakan asuransi jiwa untuk orang tua, tetapi Anda perlu bijak dalam memilihnya.

Berbagai jenis asuransi tersedia secara online, Anda bisa temukan asuransi terbaik online di duitpintar.com. Namun, sebelum memilih asuransi jiwa,  Anda perlu mengetahui adanya ketentuan unilateral dalam asuransi jiwa.

Ketentuan unilateral dalam sebuah kontrak asuransi jiwa mengacu kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung memberi perjanjian atau ketentuan tertentu di dalam kontrak secara sepihak dan legal tanpa campur tangan nasabah.

Ketentuan unilateral dalam sebuah kontrak asuransi jiwa mengacu kepada semua aturan dalam kontrak asuransi sepenuhnya dibuat dan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi selama nasabah membayar premi secara teratur.

Untuk membantu anda memilih asuransi jiwa terpercaya, dapatkan asuransi terbaik online di duitpintar.com yang juga menawarkan asuransi jiwa untuk orang tua atau lansia, dan asuransi lainnya.

Marketplace Asuransi; Lifepal

Mendapatkan asuransi jiwa sangatlah mudah karena sudah tersedia secara online tanpa perlu datang langsung ke perusahaan asuransi. Salah satu rekomendasi marketplace asuransi terpercaya di Indonesia adalah Lifepal.

Beberapa polis asuransi jiwa terbaik dan premi terjangkau tersedia di Lifepal seperti Asuransi Simas Jiwa, Ciputra Life, Prudential, Allianz, Manulife, hingga asuransi jiwa syariah, dan lainnya.

Lifepal juga menyediakan berbagai jenis asuransi dan memudahkan nasabah untuk memilih polis asuransi berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda, mulai dari asuransi jiwa, asuransi untuk orang tua, hingga asuransi kendaraan dan asuransi pendidikan.

Anda pasti sudah mengerti betapa pentingnya asuransi jiwa bagi Anda, terutama untuk Anda yang merupakan tulang punggung keluarga. Maka dari itu, segera dapatkan asuransi jiwa untuk Anda, keluarga, dan juga asuransi jiwa untuk orang tua Anda di lifepal.co.id.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.