Juni 29, 2022

5 Kiat Meningkatkan Bisnis Toko Kelontong dengan Layanan Kasir Offline dan Online

Persaingan penjualan di era digital semakin sengit sehingga pelaku usaha yang tidak mampu menerapkan strategi pemasaran akan ketinggalan jaman. Anda yang tinggal di pemukiman strategis, maka bisa mencoba membuka peluang usaha toko kelontong. Meski tergolong usaha konvensional, toko kelontong masih memiliki pembeli setia di sekitar Anda. Hanya saja Anda harus meningkatkan pelayanan toko online agar tetap bertahan ditengah gempuran digitalisasi dengan memiliki kasir offline dan online.

Cara Meningkatkan Usaha Toko Kelontong Tetap Berjaya

Inovasi menjadi kunci agar bisnis yang Anda bangun bisa bertahan ditengah persaingan pasar swalayan dan retail modern yang semakin marak. Anda bisa menjual berbagai bahan kebutuhan rumah tangga lebih mudah dan praktis bila memakai layanan kasir offline dan online. Berikut beberapa cara meningkatkan toko kelontong yang sesuai perkembangan zaman yaitu :

1.  Memberikan layanan pesan antar

Anda bisa menerapkan sistem yang paling diminati, apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang yaitu melayani pembelian pesan antar. Pesanan barang bisa dilakukan secara online, kemudian Anda mengirimkan paket kepada pembeli. Dengan menerapkan besaran pembelian tertentu agar mendapat gratis ongkir, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

2.  Menghadirkan metode pembayaran digital

Toko kelontong yang menjual aneka kebutuhan pokok rumah tangga, produk kebersihan dan lain-lain, kenapa tidak? Meski terdengar sederhana, Anda tidak boleh terpaku pada metode jual beli konvensional saja. Hadirkan metode pembayaran digital yang punya peluang cukup signifikan dalam membangun usaha. Metode pembayaran yang lebih praktis tanpa uang tunai, kartu debit atau kartu kredit, e-wallet, dan lain-lain bisa membuat pembeli semakin nyaman.

3.  Desain toko yang menawan

Tidak hanya memberikan layanan pesan antar dan melayani pembayaran digital, Anda juga harus membuat suasana belanja di toko lebih nyaman. Tata produk secara rapi, lengkapi semua kebutuhan produk konsumen, desain toko lebih kreatif, dan fasilitas menawan lain.

Toko kelontong ala minimarket modern dengan memberi label harga yang bisa membuat konsumen lebih praktis, kenapa tidak? Anda bisa membuat desain toko kelontong kecil di rumah lebih bagus mulai sekarang.

4.  Melayani sistem titip barang

Bila ada konsumen setia yang memiliki usaha lain dan menjalin kerja sama, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Sistem titip barang bisa membantu bisnis toko kelontong Anda berkembang semakin besar. Anda bisa mendapatkan untung dari produk yang dititipkan tanpa harus mengeluarkan modal lagi.

5.  Pelayanan pada konsumen yang memuaskan

Pelayanan konsumen bukan sekadar komunikasi antara penjual dan pembeli saja, tetapi Anda bisa menawarkan lebih banyak fasilitas menarik dibandingkan dengan minimarket lain. Misalnya Anda memberikan kebijakan boleh retur barang bila ada kerusakan barang akibat kesalahan pihak toko. Tentu pembeli bisa merasa lebih senang dengan fasilitas yang Anda tawarkan sebab toko kelontong punya kredibilitas yang tidak diragukan lagi.

Anda wajib memakai layanan jasa kasir offline dan online dari Olsera yang bisa mencetak nota belanja, memisah dan menggabung tagihan, sistem pembayaran tunai, e-wallet, DP hingga transfer bank, mengatur harga grosir otomatis untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu, detail perubahan transaksi toko, dan lain-lain. Kemudahan dan kepraktisan dalam mengelola operasional toko bisa membuat bisnis Anda bisa berkembang dan bersaing ditengah gempuran minimarket dan retail modern kekinian.

Pastikan saja Anda segera menikmati fitur menarik dari Olsera sebagai perangkat kasir pintar pertama di Indonesia. Daftar sekarang untuk menikmati fasilitas trial gratis untuk mengetahui keuntungan memiliki kasir pintar di era digital! Dijamin pembeli Anda akan bertahan di toko kelontong yang mampu memberikan inovasi terbaik.

 

 

Sumber

https://www.gramedia.com/best-seller/peluang-usaha-toko-kelontong/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.