November 29, 2022

Apa Itu Asuransi TLO?

Perbedaan asuransi allrisk dan TLO memang cukup membingungkan. Terlebih bagi Anda yang baru saja memiliki keinginan untuk menggunakan jasa asuransi. Bagi warga Jakarta juga ada asuransi mobil all risk Jakarta yang bisa menjadi pilihan.

TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only. TLO termasuk jenis jasa asuransi yang memberikan perlindungan terhadap mobil dari risiko kehilangan. Maksudnya, mobil yang diasuransikan akan tetap aman dari peristiwa kehilangan.

Peristiwa kehilangan bisa terjadi karena banyak faktor. Faktor-faktor tersebut juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jasa TLO atau asuransi all risk. Apalagi asuransi mobil tengah menjadi kebutuhan tersendiri bagi pemilik mobil.

Asuransi mobil sering disebut sebagai suatu kebutuhan. Hal tersebut lantaran situasi dan kondisi lalu lintas yang sulit diprediksi. Lalu lintas bisa tampak lancar tapi bisa juga mendadak padat dan berisiko tinggi terhadap mobilitas Anda kini.

Selain situasi dan kondisi lalu lintas, pemilik mobil juga terus dilanda rasa khawatir. Ketika mobil ditinggal di area parkir atau di rumah tanpa adanya penjagaan. Maka, risiko kehilangan menjadi semakin besar dan TLO diperlukan.

Pengertian Asuransi TLO

Telah disinggung di atas bahwa TLO mempunyai makna asuransi untuk perlindungan mobil atas risiko kehilangan. Sudah jelas, dalam hal ini, asuransi TLO akan menjaga mobil Anda tetap aman dan terlindungi dari risiko kehilangan.

Faktanya, jasa asuransi memang sudah familiar dalam masyarakat. Sehingga asuransi sudah bukan lagi suatu hal yang tabu untuk diperbincangkan. Bahkan manfaat dan keuntungannya juga turut mampu dirasakan oleh anggota keluarga.

Sementara itu, asuransi TLO menjadi lebih spesifik untuk perlindungan mobil. Beberapa risiko yang dilindungi asuransi TLO yakni kehilangan akibat pencurian atau kerusakan. Dengan biaya perlindungan sekitar 75 persen dari harga mobil.

Harga mobil ini dihitung dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadi kerugian. Kehilangan berarti asuransi TLO akan menanggung seluruh biaya kerugian atas mobil yang hilang. Tentu saja atas ketentuan dalam perjanjian tertulis di awal.

Perbedaan All Risk dan TLO

Perbedaan asuransi allrisk dan TLO mampu dibedakan berdasarkan jenis asuransi yang dipilih. Pemilik mobil baru akan lebih menyukai asuransi komprehensif atau menyeluruh. Asuransi jenis ini dikenal juga dengan sebutan asuran allrisk.

Seperti namanya, asuransi allrisk akan melindungi mobil secara menyeluruh. Maksudnya, tidak hanya perlindungan terhadap risiko kehilangan seperti asuransi TLO. Namun juga dari seluruh ragam kerusakan yang terjadi pada mobil Anda.

Kerusakan tersebut bisa berupa kerusakan kecil atau besar. Kerusakan kecil seperti penyok atau baret halus. Sedangkan kerusakan besar seperti kehilangan atau bodi mobil rusak. Semua ditanggung oleh asuransi sesuai perjanjian tertulis.

Dengan demikian, asuransi all risk dan TLO memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan tersebut ada pada jasa perlindungan yang ditawarkan. Jika asuransi all risk untuk seluruh kerusakan maka TLO hanya pada risiko besar saja.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO

Secara singkat sudah dapat diketahui perbedaan asuransi allrisk dan TLO. Anda juga bisa memilih asuransi mobil all risk Jakarta. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangan asuransi TLO yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Asuransi TLO

Asuransi TLO memiliki banyak kelebihan. Tak heran jika asuransi jenis ini lumayan digemari masyarakat. Terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa menggunkaan asuransi. Sehingga bisa menentukan asuransi TLO untuk mobilnya.

Kelebihan asuransi TLO yang utama yakni biaya kerugian atas risiko kehilangan ditanggung seluruhnya. Artinya, Anda memang benar tidak perlu khawatir dan takut bila terjadi pencurian atau kerusakan total pada mobil Anda.

Saat terjadi pencurian pada mobil, pihak asuransi TLO bertanggung jawab penuh atas kerugian tersebut. Misalnya total kerugian Rp150 juta lalu harga mobil Rp200 juta berarti biaya kerugian yang dibayarkan lebih dari 75 persen.

Kekurangan Asuransi TLO

Meskipun asuransi TLO sangat menggiurkan tetapi ada juga kekurangan yang harus diperhatikan. Asuransi TLO ini tidak memberikan perlindungan terhadap kerusakan kecil yang dialami oleh kendaraan apapun bentuk kerusakannya.

Umumnya kerusakan kecil hanya memberikan kerugian di bawah 75 persen dari harga mobil. Hal ini yang sama sekali tidak ditanggung oleh asuransi TLO. Artinya, kerusakan mobil yang kurang dari 75 persen tidak mendapat TLO.

Beberapa kerusakan kecil seperti baret, penyok, spion hilang, atau ban hilang tidak ditanggung TLO. Padahal kerusakan tersebut sering terjadi pada kendaraan, khususnya mobil. Terlebih saat mobil harus diparkir di area rawan pencurian.

Tips Memilih Asuransi TLO

Ada banyak alasan bagi Anda untuk bisa memilih asuran TLO yang tepat. Terutama bagi Anda yang masih tergolong baru dalam dunia asuransi TLO. Tentu Anda tidak mau salah pilih. Apalagi jika berharap untung tapi malah rugi.

Berikut ini beberapa tips penting untuk memilih asuransi TLO.

  1. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis asuransi mobil.
  2. Buatlah daftar pertanyaan agar lebih mudah menentukan kebutuhan Anda terhadap jenis asuransi.
  3. Cari sebanyak mungkin referensi informasi perusahaan yang menawarkan jasa asuransi TLO.
  4. Pilih asuransi TLO dari perusahaan yang profesional, terpercaya, dan kredibel.
  5. Cari tahu mengenai rekanan bengkel perusahaan asuransi yang dipilih.
  6. Asuransi mobil syariah juga tersedia di Lifepal asuransi.

Lifepal asuransi bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda. Perusahaan ini memberikan banyak penawaran asuransi termasuk juga asuransi TLO. Anda bisa mempercayakan perlindungan terhadap mobil Anda tanpa khawatir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.