November 29, 2022

Bahaya dan Dampak Penyalahgunaan Psikotropika Terhadap Kesehatan

Mengkonsumsi psikotropika memiliki bahaya jika disalahgunakan. Pasalnya, penggunaan obat ini diperuntukkan bagi medis dengan gejala yang sesuai penggunaanya.

Masih banyak pelanggaran penyalahgunaan obat ini yang dilakukan oleh orang yang mengambil jalan pintas dari manfaat buruk yang dihasilkan.

Bahaya Penyalahgunaan Psikotropika

Bahaya mengintai di balik penyalahgunaan psikotropika. Beberapanya bahkan bisa menyebabkan kematian bagi penggunanya.

Berikut bahaya penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Menghasilkan Efek Halusinasi yang Berlebihan

Efek halusinasi yang dihasilkan akan menekan sistem syaraf yang kemudian akan berakhir menjadi depresi setelah efeknya hilang. Halusinasi ini membuat penggunanya merasakan tipuan mental.

Halusinasi pun meningkatkan stimulus yang membuat pemakai lebih lama terjaga yang akan menyebabkan masalah selanjutnya.

Bisa Menjadi Penyebab Gangguan Tidur

Terus-menerus merasa terjaga akan membuat para pengguna merasakan kesulitan tidur. Gangguan ini bisa terjadi selama berhari-hari dan akan mengganggu aktivitas dari pemakai.

Selain mengganggu aktivitas, gangguan tidur juga menyebabkan masalah pada kesehatan pengguna. Sehingga akan banyak hal buruk yang akan terjadi ke depan.

Gangguan pada Otak dan Jantung

Akibat dari sistem syaraf yang tidak seimbang dan jam tidur yang tidak pasti, pengguna akan mengalami gangguan lain pada otak dan juga jantung. Hal ini akan semakin membahayakan jika berlangsung terus-menerus, segera melakukan rehabilitasi dan berkonsultasi dengan ahlinya.

Salah satu pusat rehabilitasi narkoba yang bisa ditemui adalah Ashefa Griya Pusaka. Banyak program yang membuat pengguna menjadi lebih baik.

Overdosis

Bahaya lainnya yang akan terjadi adalah overdosis. Setelah mengalami overdosis, akan banyak masalah lainnya yang muncul, mulai dari komplikasi hingga kematian.

Overdosis ini terjadi akibat penggunaan yang tidak sesuai dengan resep dokter sehingga dosisnya menjadi berlebih.

Pada dasarnya, menggunakan obat yang tidak sesuai anjuran akan sangat merugikan pengguna. Kematian dan masalah kesehatan akan terus mengintai tanpa henti.

Selain bahaya di atas, masih banyak masalah lain yang akan timbul dari penyalahgunaan psikotropika. Ditambah lagi kecenderungan pengguna untuk menyakiti diri sendiri menambah daftar panjang bahaya penyalahgunaan obat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.