Juni 22, 2024

Beberapa Penyebab Pergaulan Bebas yang Harus Diwaspadai

Pergaulan bebas adalah hal yang sangat dikhawatirkan oleh orang tua, dimana kondisi ini dapat merusak masa depan anak. Di ambil dari halaman Antaranews  Adapun faktor penyebab pergaulan bebas adalah sebagai berikut.

Apa Saja Penyebab Pergaulan Bebas?

Pengaruh Teman Sebaya

Salah satu penyebab pergaulan bebas adalah pengaruh teman sebaya. Pada usianya yang masih remaja, anak masih memiliki ego dan rasa penasaran yang sangat tinggi. Seorang teman bagi anak remaja menjadi keluarga keduanya. Hal ini disebebkan karena hampir setiap harinya dia berinteraksi dengan sebayanya.

Bahkan banyak para remaja yang terjerumus karena salah pergaulan, mereka tidak segan juga melakukan sesuatu yang tidak baik demi diakui di lingkungan pertemanan yang nakal. Kebanyakan mereka melakukan semua itu hanya ingin terlihat keren seperti teman-temannya yang lain.

Maka dari itu peran anda sebagai orang tua sangat penting, alangkah baiknya jika anda harus pandai memilah mana teman yang baik untuk anak anda dan mana yang tidak. Hal ini sangat penting sebelum anak anda semakin dalam terjerumus.

Broken home

Penyebab pergaulan bebas berikutnya adalah broken home. Pastinya setiap anak yang mengalami broken home pada keluarganya mengalami mental yang down dan mereka mencari teman untuk bercerita.

Broken home sendiri tidak selalu dikaitkan dengan perceraian, akan tetapi suasana keadaan rumah yang tidak nyaman juga bisa dikatakan sebagai broken home. Pada kondisi seperti inilah biasanya seorang anak kurang pengawasan dan perhatian dari orang tua.

Faktor inilah yang menyebabkan seorang anak terkontaminasi pergaulan bebas. Mereka mencari teman dan tidak segan melakukan hal yang buruk demi mendapatkan perhatian temannya. Bahkan tidak sedikit dari penyebab broken home anak terjurumus ke dalam obat-obatan terlarang dan narkotika.

Kurangnya nilai keagamaan

Menanamkan keinaman sangat penting bagi semua orang terlebih lagi bagi anak remaja. Pada dasarnya anak terjerumus dalam pergaulan bebas karena kurangnya pendidikan agama pada anak.

Yang mana hal tersebutlah yang membuat mereka bertingkah laku tidak baik. Maka dari itu sangat penting untuk mengajarkan pendidikan agama anak pada usia dini. Hal itu bertujuan anak kelak nantinya anak anda mengerti akan hal mana yang buruk dan mana yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.