Agustus 14, 2022

Cara Memulai Investasi dan Jenis-Jenis Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Bukan rahasia lagi bahwa memulai sebuah investasi saat Anda benar-benar pemula bisa jadi menakutkan pada awalnya, mungkin karena Anda belum terbiasa.  Kurva pembelajaran pasar saham akan dikombinasikan dengan fakta bahwa Anda mempertaruhkan uang Anda sendiri, seringkali cukup untuk menakut-nakuti banyak orang dari apa yang sebenarnya, Padahalan investasi yang tepat merupakan salah satu cara teraman menuju kebebasan finansial. Artikel terbaru ini akan memberikan informasi tentang Cara Memulai Investasi dan jenis-jenis investasi yang perlu Anda ketahui.

Apa Saja Cara Memulai Investasi?

Pelajari Dasar-dasar Investasi

Anda tidak boleh terjun ke pasar saham tanpa mengetahui dasar-dasar investasi.  Sebelum Anda mulai membangun kekayaan, penting untuk memahami tujuan sebenarnya dari berinvestasi serta proses yang harus Anda gunakan untuk mencapai tujuan itu.

Pada tingkat paling dasar, berinvestasi adalah tentang membeli saham senilai 100 ribu dan 50 ribu. Ketika Anda dapat membeli perusahaan dengan harga kurang dari nilai sebenarnya, hasil investasi Anda akan tumbuh seiring waktu dan inilah tujuan akhir dari investasi.

Buat Rencana Investasi

Sebelum Anda menempatkan uang Anda di pasar, Anda harus memiliki rencana yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda akan melakukannya. Di sinilah membuat rencana investasi masuk.  Rencana investasi terbaik adalah yang disesuaikan dengan gaya hidup Anda, jadi ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempersiapkan diri Anda di jalan menuju kesuksesan.

  • Anda harus mengevaluasi posisi keuangan yang Anda miliki saat ini untuk memahami seberapa besar risiko yang dapat Anda ambil.
  • Tentukan tujuan yang Anda miliki dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapainya secara realistis.
  • Cari tahu jenis investasi dan strategi mana yang merupakan cara terbaik untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.
  • Memiliki rencana investasi yang jelas akan memberi Anda banyak kejelasan saat Anda mulai berinvestasi.

Tetapkan Strategi Investasi Anda

Berinvestasi lebih dari memilih beberapa saham. Jika Anda telah melakukannya dengan sangat benar, maka ada sebuah strategi nyata yang terlibat. Strategi investasi tersebut antara lain:

  • Impact Investing : Berinvestasi di perusahaan yang memiliki dampak lingkungan atau amal yang terukur
  • Growth Investing : Berinvestasi pada perusahaan yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan di atas rata-rata
  • Income Investing : Berinvestasi pada surat berharga yang membayar dividen
  • Small-Cap Investing : Berinvestasi pada perusahaan kecil yang masih baru dan berpotensi untuk berkembang pesat
  • Investasi Nilai : Berinvestasi di perusahaan hebat saat mereka dijual dengan harga lebih rendah dari nilainya

Tentukan Tempat Berinvestasi

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda siap untuk mulai membeli dan menjual saham, Anda akan ingin memilih platform atau layanan apa yang akan Anda gunakan untuk melakukan investasi Anda. Bagi sebagian besar investor, broker online akan menjadi pilihan terbaik karena broker online memungkinkan Anda untuk melakukan perdagangan dengan biaya yang relatif kecil sambil tetap menawarkan semua sumber daya dan informasi yang Anda butuhkan untuk melakukan investasi yang bijaksana.

Jenis-Jenis Investasi

Peer-to-Peer Lending

Peer to Peer Lending Adalah sebuah metode dari peminjaman uang. Metode yang satu ini akan menawarkan sistem yang menghubungkan peminjam dan pemberi pinjaman secara online. Keunggulan lain dari P2P Lending adalah tidak adanya sebuah lembaga keuangan resmi seperti koperasi, bank, jasa perkreditan, yang notabene akan membutuhkan sebuah proses yang lebih kompleks.

Deposito

Deposito berjangka adalah sebuah tabungan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan dengan syarat dan ketentuan. Deposito akan menawarkan sebuah fasilitas investasi dari bank dengan pengembalian yang jauh lebih tinggi daripada tabungan itu sendiri.

Reksa Dana

Reksa dana merupakan sarana investasi yang dirancang untuk menampung dana dari masyarakat yang ingin berinvestasi namun memiliki keterbatasan waktu dan pengetahuan. Dana yang terkumpul kemudian dikelola oleh manajer investasi sesuai portofolio efek. Reksa dana cocok bagi Anda yang ingin menabung untuk masa pensiun.

Itulah ulasan tentang Cara Memulai Investasi dan jenis-jenis investasi yang perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.