Juni 22, 2024

Faktor Pemicu Pergaulan Bebas dan 4 Cara Mengatasinya

Masa peralihan dari usia anak menjadi dewasa sering dikaitkan dengan pencarian jati diri. Pergaulan bebas menjadi salah satu masalah yang mengintai para remaja. 

Untuk melewati masa ini, remaja perlu mendapatkan bimbingan dan arahan agar proses pencarian jati diri tidak melenceng ke arah negatif.

Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas

Tindakan tindakan remaja yang cenderung negatif tersebut muncul bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pergaulan bebas terjadi di kalangan remaja, antara lain:

Tingkat pendidikan keluarga minim

Lingkungan keluarga adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi tindakan dan perilaku remaja di masyarakat.

Minimnya tingkat pendidikan di keluarga menjadikan remaja mudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya.

Broken home

Selain tingkat pendidikan ternyata perpisahan orang tua bisa menjadi salah satu faktor penyebab remaja terkontaminasi pergaulan negatif.

Ekonomi keluarga

Remaja yang kondisi perekonomian keluarganya kurang berkecukupan juga bisa beresiko melakukan tindakan negatif. Terlebih lagi jika keluarga tidak mendukung dan tidak berusaha mencukupinya.

Kondisi lingkungan

Faktor lingkungan juga memberikan pengaruh terhadap karakter dan perilaku remaja. Oleh sebab itu, perlu menghindari meniru kelakuan buruk di lingkungan sekitar yang berpotensi menjerumuskan.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Ada beberapa cara untuk mengatasi remaja terhindar dari pergaulan yang negatif antara lain:

Selektif memilih teman

Lingkungan pertemanan sangat berpengaruh untuk membentuk karakter remaja. Bagi remaja, teman adalah pihak yang paling sering menjalin relasi.

Oleh karena itu, remaja harus lebih selektif dalam memilih teman dan menghindari pergaulan atau teman yang membawa dampak buruk.

Berpendirian kokoh

Memiliki pendirian kokoh membuat remaja tidak mudah terbawa arus. Remaja harus lebih berani mengatakan tidak atau menolak pada perbuatan atau perilaku yang menyimpang.

Memperbanyak kegiatan positif

Cara selanjutnya untuk menghindari pergaulan negatif yaitu dengan menyibukkan diri pada kegiatan yang positif. Misalnya, beraktivitas dalam organisasi akan membantu Anda terhindar dari pergaulan negatif

Ingat akan orang tua

Agar tidak terjerumus dalam pergaulan negatif, maka remaja harus selalu ingat akan orang tua mereka. 

Sebab, mereka bersusah payah memperjuangkan mereka untuk bersekolah agar menjadi orang sukses nantinya.

Dampak pergaulan bebas akan sangat merugikan remaja sehingga perlu memperhatikan cara menghindarinya. Selektif memilih teman dan menyibukkan diri pada kegiatan positif akan lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.