Mei 25, 2024

Hobi Menulis? Ini 4 Karier Menjanjikan yang Cocok Buat Kamu

Punya bakat menulis? Hmm, jangan hanya disimpan sendiri bakatmu, ya, sudah saatnya kamu memposting hasil tulisanmu ke media sosial ataupun blog dengan langganan internet supaya tulisanmu bisa dibaca oleh orang lain. Semakin banyak yang membacanya, tentu semakin banyak yang akan memberimu peluang, seperti peluang pekerjaan, misalnya.

Bahkan, dengan bakat menulis yang kamu miliki tersebut, banyak sekali karier menjanjikan yang bisa kamu geluti, seperti:

Blogger atau reviewer 

Pertama, kamu bisa menjadi seorang blogger ataupun reviewer. Di saat menjadi blogger, kamu diharuskan untuk bisa menulis berbagai topik pembahasan sehingga nantinya dapat mendatangkan banyak pembaca.

Adapun mengenai pendapatannya bisa kamu peroleh dari iklan yang masuk, lalu ditampilkan di halaman blog kamu. Selain menjadi blogger, kamu juga bisa menjadi reviewer yang tugasnya menulis review jujur dari berbagai produk klien untuk keperluan periklanan.

Content writer

Selanjutnya, profesi yang bisa kamu tekuni, yaitu content writer yang bertanggung jawab dalam merancang strategi konten lewat beragam media untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk supaya bisa dibaca publik. Tugas dari content writer adalah mengerjakan konten di media sosial, membuat artikel, membuat deskripsi produk, hingga membantu strategi SEO.

Untuk menjajal profesi ini, kamu hanya perlu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan mengulasnya dengan bahasa yang baik dan benar serta gaya tulisan yang menarik.

Novelis

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis cerita fiksi dan memiliki ide – ide imajinatif, maka profesi novelis sepertinya cocok kamu tekuni. Tidak hanya menciptakan ide kreatif saja, ketika menjadi novelis kamu juga dituntut untuk bisa mengembangkan alur cerita agar pembaca tertarik mengikuti tulisanmu dari awal sampai akhir.

Apabila hasil cerita fiksi sudah dibuat, kamu bisa mengunggahnya di berbagai platform cerita online. Jika hasil karyamu dilirik oleh penerbit, bukan tidak mungkin nantinya karyamu dijadikan buku dan dari sana kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Editor

Ketika seseorang sudah terbiasa dengan berbagai jenis tulisan, maka sudah pasti mereka akan memiliki kemampuan untuk memahami aturan ejaan yang baik dan benar. Jika kamu termasuk salah satunya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang editor di penerbit buku pilihanmu.

Tenang saja, sekarang ada banyak sekali media – media online bermunculan dan membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang editor di dalamnya.

Itu dia beberapa pilihan karier menjanjikan yang bisa kamu geluti cukup dengan mengandalkan hobi menulis saja. Nah, untuk mendukung kelancaran saat menekuni profesinya, maka kamu perlu berlangganan internet dengan koneksi stabil yang bisa diperoleh dari provider Oxygen.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.