November 29, 2022

Holyland tour katolik 2022 ke Bukit Golgota

Bukit Golgota adalah tempat yang paling pas untuk dijadikan sebagai holyland tour Katolik 2022. Tempat ini sering disebut sebagai kalvari atau biasa disebut sebagai Golgota menurut Injil. Golgota menurut Injil adalah situs di luar tembok Yerusalem, yang merupakan tempat dimana Yesus disalibkan.

Mengapa bukit Golgota adalah tempat Holyland tour Katolik 2022?

Bukit Golgota diterjemahkan oleh Injil yang berarti tempat tengkorak, dalam bahasa Yunani kuno disebut sebagai Inggris calvari. Golgota pada waktu itu terletak di luar kota Yerusalem, tentu tidak jauh dari tembok dan agak berdekatan dengan sebuah gerbang yang dilalui oleh para peziarah.

Keistimewaan Bukit Golgota

Dalam surat kepada orang Ibrani dikatakan bahwa Yesus juga mati di luar pintu gerbang kota untuk membersihkan umatnya dari dosa. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menggunakan darahnya sendiri. Sejak abad ke-6, Bukit Golgota sendiri dikenal sebagai gunung dan sebagai bukit kecil sejak tahun 333.

Di dalam kitab Injil, Golgota tidak pernah dinamakan gunung ataupun bukit, namun selalu diibaratkan sebuah nama atau tempat saja. Nama Golgota sendiri bukan hanya nama tempat berdirinya salib Yesus, melainkan nama tanah milik Yusuf dari arimatea.

Secara tradisional, Golgota memang disebut sebuah bukit, karena kapel calvari terletak 5 m lebih tinggi dari lantai gereja makam Kudus. Mengapa bukit Golgota adalah tempat Holyland tour, karena memang bukit ini harus dikunjungi oleh pemeluk agama Kristen Katolik.

Bukit Golgota Menurut Kitab

Perlu diketahui, bahwa tempat penyaliban yesus dicatat dalam semua 4 kitab Injil dalam perjanjian baru di Alkitab Kristen. Dalam kitab Injil Matius, disebutkan bahwa sampailah mereka dalam suatu tempat yang bernama Golgota atau disebut sebagai tempat tengkorak.

Dalam kitab Injil Markus tersebut bahwa mereka membawa Yesus ke tempat yang bernama Golgota, tempat tersebut adalah tempat tengkorak. Sementara dalam Injil Lukas, ketika mereka sampai di tempat yang bernama tengkorak, maka mereka menyalurkan Yesus di situ dan kedua orang penjahat. Yang mana seseorang di sebelah kanannya yang lain di sebelah kirinya, ini disebutkan di dalam kitab Injil Lukas tentang bukit Golgota.

Sementara dalam Injil Yohanes, disebutkan bahwa Yesus memikul salib untuk pergi ke luar tempat bernama tempat tengkorak yang dalam bahasa Ibrani berarti Golgota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.