Desember 6, 2021

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan, Apa Peranannya Dalam Bisnis?

Untuk membangun bisnis membutuhkan perencanaan yang menjadi poin penting. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan untuk melihat sebuah bisnis dapat berjalan atau tidak.

Definisi Studi Kelayakan Bisnis

Sebuah studi kelayakan merupakan kegiatan yang menentukan kelayakan dari sebuah usaha atau bisa juga sebuah proyek bisnis. Berpatokan pada identifikasi masalah yang mungkin akan timbul saat bisnis tersebut dijalankan.

 

Memilih jasa studi kelayakan akan membantu Anda menuliskan atau merancang rencana bisnis. Akan melihat bagaimana, di mana, juga kepada siapa Anda nantinya menjual produk.

 

Akan ada pembahasan masalah kritis terkait di mana dan bagaimana bisnis akan beroperasi. Pada dasarnya hal ini sangat  berbeda dengan rencana bisnis. Ada beberapa aspek yang lebih mendalam dari sekedar rencana bisnis.

Manfaat Menggunakan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan bisnis akan membantu para eksekutif memilih bisnis atau proyek mana yang efektif. Akan sangat membantu dalam memahami permintaan tersebut tepat atau tidak untuk proyek internal. 

 

Berikut manfaat lain menggunakan jasa studi kelayakan, antara lain:

Membantu Memastikan Kelayakan Pemasaran

Sebuah produk atau layanan jasa harus memperhatikan permintaan yang terukur. Untuk itu, perusahaan perlu mengukur kemampuan mereka untuk sebuah penawaran baru. 

 

Pimpinan perusahaan dapat menemukan apa saja yang menjadi hambatan hukum. Nantinya tidak terlepas dari masalah yang melibatkan merek dagang, hak paten atau hak kekayaan intelektual. Sebab hal tersebut masalah yang penting, sehingga perlu persiapan yang benar-benar matang.

Membantu Menandai Waktu

Saat terjadi peralihan fase perencanaan proyek, manajer bisa menggunakan data dari hasil studi. Hal ini untuk membantu menentukan tenggat waktu. Sebab, data yang dihasilkan mampu membuat jadwal yang tepat untuk terlaksananya sebuah proyek.

 

Tidak hanya itu, melainkan membantu juga dalam hal akibat apa saja setelah proyek berakhir. Sebuah template laporan yang disusun berdasarkan jasa pembuatan studi kelayakan dapat membuat 9 bagian, antara lain:

  • Ringkasan rencana bisnis.
  • Deskripsi mengenai sebuah produk atau layanan.
  • Pertimbangan penggunaan teknologi.
  • Pasar produk.
  • Strategi pemasaran.
  • Organisasi atau kepegawaian.
  • Susunan acara.
  • Proyek keuangan.

 

Sehingga jasa studi kelayakan ini sangat penting keberadaannya untuk sebuah proyek. Membantu Anda menentukan kebijakan berdasarkan data yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *