Juni 21, 2024

MANFAAT PRAKERJA YANG BISA DIRASAKAN MASYARAKAT

Prakerja adalah salah satu program pemerintah sebagai bentuk pengurangan tingkat pengangguran yang semakin lama semakin tinggi pada masa ini. Program Prakerja berjalan dengan memberikan kursus / pelatihan dalam upaya peningkatan kemampuan kompetensi masyarakat.

Diharapkan setelah mengikuti program Prakerja, masyarakat dapat bersaing dalam proses rekrutmen yang ada dan juga meningkatkan potensi atau skill masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha.

Berikut manfaat Prakerja yang bisa dirasakan masyarakat

Mendapatkan skill atau pengetahuan

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu memiliki kesempatan untuk ikut program pelatihan dari mitra Kartu Prakerja. Kamu dapat mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang telah kamu miliki agar lebih mantap lagi.

Program prakerja menyediakan banyak pelatihan bagi yang telah mengikuti programnya. Para peserta dapat memilih pelatihan apa yang ingin diikuti. Dengan mengikuti program prakerja kalian akan mendapatkan skill karena didalamnya bisa memilih pelatihan apa yng diinginkan.

Mendapatkan insentif bulanan

Jika telah mendaftar dan lolos sebagai penerima program Kartu Prakerja, kamu akan menerima bantuan dana yang disebut insentif. Insentif dan uang saku yang diberikan oleh pemerintah ini pastinya akan sangat berguna bagi kamu. Dengan uang ini, kamu dapat mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill sebagai persiapan sebelum bekerja.

Selain itu, uang saku yang tidak digunakan untuk membayar kelas pelatihan dapat kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai modal bisnis, mengingat susahnya memperoleh pekerjaan di masa ini.

Menjadi pelengkap pendidikan formal

Dari pendidikan formal SD, SMP dan seterusnya, kamu tentunya belajar banyak hal. Meski demikian, tetap saja ada beberapa hal yang ternyata kamu butuhkan untuk masa depan tapi tidak kamu dapatkan di sekolah.

Misalnya, di sekolah kamu tidak belajar tentang dasar-dasar korespondensi (bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan) seperti menulis email, menyusun laporan, atau etika berkirim pesan.

Mendapatkan sertifikat

Peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan akan mendapat sertifikat. Sertifikat ini biasanya akan muncul di halaman dashboard situs Kartu Prakerja paling lambat satu hari setelah PMO menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital. Itulah manfaat program prakerja yang bisa dirasakan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.