April 13, 2024

Manfaat Program Kartu Prakerja, Syarat Hingga Cara Daftarnya

Kartu Prakerja merupakan program yang dibikin pemerintahan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewiraswastaan untuk para pencari pekerjaan, karyawan atau pekerja yang terkena pemutusan kerja, dan karyawan yang memerlukan kenaikan kompetensi, terhitung pelaku usaha micro dan kecil. Di lansir dari halaman Ashefanews berikut Manfaat Kartu Prakerja

Mendapatkan insentif bulanan

Sesudah mendaftarkan dan bisa lolos sebagai yang menerima program Kartu Prakerja, kamu akan terima bantuan dana sejumlah Rp3.550.000. Dari keseluruhan dana itu, sekitar 1 juta nya tidak bisa diuangkan. Karena dipakai untuk beli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi partner Kartu Prakerja.

Dan, sisanya sejumlah Rp2.400.000 dapat diuangkan dan akan dikirim senilai Rp600.000 tiap bulannya selama empat bulan. Apabila kamu isi survey sebanyak 3x, kamu akan memperoleh tambahan insentif sejumlah Rp150.000. Insentif ini akan dikirim saat kamu telah selesai ikuti pelatihan.

Memperoleh Bantuan Pelatihan Kerja

Yang menerima Kartu Prakerja akan memperoleh Kartu Prakerja berbentuk saldo digital dan si yang menerima bisa manfaatkan saldo itu sebagai sistem pembayaran untuk beli atau bayar biaya satu ataupun lebih pelatihan yang ada lewat basis digital yang bekerja sama. Dengan ini, yang menerima Kartu Prakerja diharap memaksimalkan hal itu untuk ikuti pelatihan untuk meningkat soft skill dan hard skill sebagai perbekalan untuk mencari pekerjaan atau berwiraswasta.

Memperoleh Sertifikat

Yang menerima program Kartu Prakerja yang sudah menuntaskan pelatihan dan lulus ujian akhir pelatihan akan memperoleh sertifikat. Sertifikat ini adalah pertanda jika peserta sudah menuntaskan pelatihan sesuai bidang yang diambil. Selain itu, sertifikat ini bermanfaat sebagai document tambahan untuk melamar kerja dan jadi gambaran jika pelamar pahami dan mempunyai ketrampilan di bagian tertentu.

Ada banyak manfaat yang diberi oleh Program Kartu Prakerja ini, baik untuk masyarakat atau pemerintahan. Program Kartu Prakerja sudah menggerakkan masyarakat agar semakin produktif dan profesional pada suatu bagian.

Persyaratan Peserta Kartu Prakerja

Calon pendaftar harus mempersiapkan beberapa document dan pribadi, yakni:
Data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama sesuai KTP
Nomor telephone (aktif)
E-mail (aktif)

Persyaratan Kartu Prakerja:

Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur minimum 18 tahun (saat mendaftar)
Sedang tidak ikuti pendidikan formal

Beberapa karyawan formal atau informal dapat mendaftarkan melalui situs resmi untuk memperoleh Kartu Prakerja. Untuk memperoleh Kartu Prakerja dari pemerintahan, pendaftar harus punyai account lebih dulu, lewat www.prakerja.go.id.

Langkah Daftar Kartu Prakerja

Semakin berminat untuk lakukan registrasi program Kartu Prakerja? Berikut ialah beberapa langkah yang penting kamu tempuh:

  • Masuk ke situs prakerja.go.id
  • Melakukan pendaftaran dengan masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan buat password
  • Check e-mail yang didaftarkan, lakukan verifikasi
  • Lakukan proses Login dengan masukkan e-mail dan sandi
  • Masukan nomor KTP dan tanggal lahir. Click tombol selanjutnya
  • Isi data diri pada form pengisian selengkapnya dan detail. Click tombol selanjutnya
  • Masukan nomor HP, code OTP akan dikirim lewat SMS oleh pihak Prakerja
  • Lakukan test motivasi (diperlukan waktu 1-2 menit)
  • Nantikan e-mail pemberitahuan jika Kamu telah menuntaskan test tersebut
  • Jika e-mail pemberitahuan telah diterima, kembali lagi ke situs prakerja.go.id, click Gabung¬†Gelombang yang tersedia (pilihan akan ada jika registrasi telah dibuka)

Itulah Manfaat, syarat dan cara mendaftar kartu prakerja, semoga bermanfaat untuk pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.