Mei 25, 2024

PAN Diprediksi Eksis, Partai Ummat Butuh Kerja Keras

Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang lolos paling akhir menjadi partai politik peserta Pemilu 2024. Sebelumnya, dari 18 partai yang diverifikasi secara faktual oleh KPU, Partai Ummat dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat atau TMS di Provinsi NTT dan Sulut. Setelah diverifikasi ulang, Partai Ummat dinyatakan lolos dengan nomor urut 24.

Kehadiran Partai Ummat disinyalir menjadi batu sandungan bagi Partai Amanat Nasional atau PAN. Pasalnya, perolehan suara kedua partai itu sama. Apalagi tokoh sentral di Partai Ummat juga Ketua Majelis Syuro adalah Amien Rais. Amien juga yang mendirikan PAN di awal Reformasi 1998.

Menurut pengamat politik Arif Nurul Imam, lolosnya Partai Ummat pada Pemilu 2024 memang berdampak pada PAN. Apalagi atas dasar dukungan suara yang akan menggerus suara partai berlambang matahari. “Soal pengaruh Partai Ummat yang lolos ke PAN, tentu ada pengaruhnya, minimal loyalis Pak Amien Rais.

Meski ada erosi, PAN tetap bertahan di Pilkada 2024,” ujar Arif Nurul, saat dihubungi, Selasa 3 Januari 2023. PAN mempunyai kedekatan sejarah dengan Muhammadiyah, dimana Amien Rais merupakan mantan Ketum PP dan tokoh senior Muhammadiyah.

Saat ini setelah Amien mendirikan ummat, menurut Arif, para loyalis Amien akan bergabung. Namun dia melihat PAN akan tetap eksis meski ada suara yang akan berpindah ke ummat.

“PAN ambil suara mengambang yang digerakkan oleh caleg,” ucapnya. Lebih lanjut, menurut Direktur Riset dan Konsultasi IndoStrategi, sebagai partai baru yang berbasis Islam, Partai Ummat perlu bekerja keras untuk lolos ambang batas parlemen (PT). Sedangkan PAN, kata dia, masih berpeluang lolos. “PAN tetap lolos, partai ummat perlu bekerja lebih keras,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menyampaikan keikutsertaan partainya sebagai peserta pemilu 2024. Dia mengatakan, Partai Ummat tidak akan menggerus perolehan suara PAN. Ridho menyebut Partai Ummat akan berjuang lebih keras untuk mengalahkan PAN di Pilkada 2024.

“Tidak, dengan membantah suara PAN, kami berjuang lebih besar dari pada itu. Insya Allah jangan terlalu melihat hal kecil, insya Allah,” kata Ridho, Minggu, 1 Januari 2022.

Baca lebih lengkap berita terbaru lainnya di laman News.ashefanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.