June 17, 2021

Penyebab Ketidakstabilan Listrik dan Cara Meminimalkan Risiko Tegangan Listrik Yang Tidak Stabil

Permasalahan listrik seolah menjadi keseharian kita. Turunnya tegangan sering berujung pada rusaknya berbagai peralatan listrik yang kita pakai di rumah. Fenomena ini sering kita kaitkan dengan kinerja PLN padahal sebenarnya pelanggan juga ikut andil dalam kasus ketidakstabilan tersebut. Nah, untuk itu, marilah kita ulas penyebab ketidakstabilan listrik dan cara meminimalkan risiko tegangan listrik yang tidak stabil.

Seringkali kita mengeluh setelah mengetahui komputer kesayangan tiba-tiba mati, magic com yang tidak bekerja optimal, TV yang cepat rusak, hingga setrika listrik yang tidak menghasilkan panas secara optimal akibat tidak stabilnya listrik di rumah kita. Ironisnya, kita sering langsung menyalahkan PLN untuk kasus tersebut padahal sebenarnya, tidak semua permasalahan ketidakstabilan listrik bersumber dari permasalahan eksternal, dalam hal ini PLN. Permasalahan seperti ini sebenarnya dapat juga disebabkan oleh kondisi di rumah kita masing-masing.

Secara umum, ketidakstabilan listrik secara internal dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  • Jaringan listrik di rumah kita tidak standar dan bermasalah, seperti pemakaian kabel yang terlalu kecil, stop kontak terlalu besar lubangnya, maupun koneksi antar kabel yang renggang;
  • Beban listrik berlebihan dari daya yang kita pakai, seperti penggunaan kulkas, magic com, setrika, AC, dan alat-alat listrik boros tenaga lain padahal daya yang kita pakai hanya 450 watt.
Dengan melihat diantara penyebab ketidakstabilan listrik tersebut, kita dapat saja meminimalkan risiko tegangan listrik yang tidak stabil dengan beberapa langkah, yaitu:
  • Memperbaiki instalasi jaringan listrik internal, dengan mengganti semua komponen dengan yang standard, baik kabel, stop kontak, maupun koneksi antar kabel;
  • Menambah daya atau mengurangi beban pemakaian alat-alat listrik, dengan mengajukan penambahan daya ke PLN;
  • Memanfaatkan stavolt serta UPS untuk mencegah rusaknya alat-alat elektronik yang kita pakai, khususnya komputer, TV, maupun DVD player.

Itulah sekilas tentang penyebab ketidakstabilan listrik dan cara meminimalkan risiko tegangan listrik yang tidak stabil. Setelah mengetahui hal tersebut, tentu kita bisa lebih berhati-hati dan ambil bagian dari pengoptimalan pemanfaatn daya listrik di rumah masing-masing. Semoga bermanfaat dan salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *