November 29, 2022

Peran Bimbingan Psikologi Untuk Pengguna Psikotropika

Dalam banyak kasus penyalahgunaan narkoba dan psikotropika, latar belakang masalah secara psikologis kerap menjadi muara masalah. Mengutip dari suara.com, dikuak bagaimana peran psikolog dalam membantu pengguna narkoba.

Ternyata cenderung akan lebih sulit untuk melepaskan seseorang dari obat obatan psikotropika tanpa adanya pendampingan psikologis.

Karena mereka dengan kasus penyalah gunaan narkoba selalu berkaitan dengan alasan dan pengaruh psikologis. Sehingga penyembuhan total akan memerlukan peran psikolog.

Melihat sisi psikologis dari Pengguna Psikotropika

Pengguna narkoba dan psikotropika acapkali mengonsumsi obat obatan ini dengan tujuan untuk memberi mereka efek relaks dan nyaman. Karena dalam dunia nyata mereka merasakan beban hidup yang sangat berat.

Sehingga mereka melarikan diri dengan tenggelam dalam penyalah gunaan narkoba dan psikotropika. Tanpa menyadari yang mereka lakukan berbahaya dan merusak tubuh.

Untuk itu, supaya proses penyembuhan pengguna psikotropika bisa tuntas, kita perlu menggali terlebih dulu latar belakang dan alasan awal mengapa mereka mengonsumsinya.

Apa stress dan tekanan yang mereka alami sebelumnya dan pahami bagaimana mereka menyikapinya. Bantu mereka menghadapi masalah mereka dengan lebih baik tanpa harus melarikan diri melalui psikotropika.

Di sisi lain sebagaimana dijelaskan dalam suara.com, pengguna narkoba sendiri juga biasanya memiliki kendala secara psikologis. Utamanya bila sudah pada fase ketergantungan dan telah terjadi gangguan saraf dalam tubuhnya.

Mereka akan mengalami kendala untuk membentuk hubungan sosial, sulit berkonsentrasi dan mengendalikan emosi, sulit berkomunikasi dengan sehat hingga sulit mengelola stress.

Untuk itu pendampingan juga perlu mereka dapatkan. Tidak sekedar untuk atasi sumber masalah yang mendorong mereka menggunakan narkoba. Namun juga membantu mereka mengatasi efek psikologis pasca memakai psikotropika.

Bimbingan Psikologi Diberikan Untuk Terapi Pengguna Psikotropika

Untuk membantu penyembuhan pengguna psikotropika, serangkaian konsultasi dan terapi psikologis perlu Anda lakukan.

Terapi ini bekerja memberikan memberi bantuan stimulasi mental untuk pengguna merasa lebih kuat dan tabah. terapi psikologis bersifat mutlak untuk atasi ketergantungan narkoba.

Terapi juga membantu memperbaiki respon negatif dari pengguna ketika tubuh mengalami stimulasi negatif. Ini akan membantu pengguna lebih stabil dan tenang meski berhadapan dengan stress.

peran bimbingan psikologis adalah membantu pengguna lebih siap menghadapi masa masa sulitnya pasca berhenti dari narkoba. Juga membantu mereka lebih berdamai dengan masalah apapun yang dihadapi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.