November 29, 2022

Tanda-Tanda Anak yang Menggunakan NAPZA, Orang Tua Wajib Tahu!

Narkoba atau yang kerap juga disebut sebagai NAPZA merupakan salah satu obat dan bahan kimia berbahaya yang semakin marak peredarannya.

Sehingga wajar kalau orang tua mempunyai kecemasan berlebih terhadap anak-anaknya. Karena sekarang tidak hanya mengancam dunia orang dewasa saja melainkan juga anak-anak.

Tanda Anak menggunakan NAPZA yang Mudah Dikenali

Banyak orangtua yang terlambat menyadari bahwa anak-anak mereka sudah menjadi korban NAPZA. Hal ini terjadi karena ketidak pahaman orangtua terhadap tanda-tanda memakai zat terlarang ini.

Adapun tanda-tanda anak sudah diracuni narkoba adalah sebagai berikut:

Mata Terlihat Merah

Tanda fisik yang paling jelas terlihat adalah mata yang merah, namun demikian tidak semua yang bermata merah menggunakan narkoba.

Namun seorang pemakai narkoba pasti mempunyai mata yang terlihat memerah.

Bau Badan yang Khas

Tanda berikutnya yang paling terasa adalah bau badan yang khas atau menyengat, ini karena biasanya pemakai akan berkeringat.

Pemakai jenis putaw biasanya juga malas mandi dan jarang ganti baju. Rambutnya juga terlihat berminyak dan mudah rontok.

Lebih Mudah Lelah

Anak yang sudah menggunakan narkoba biasanya memiliki pernapasan yang pendek, lambat dan dangkal. Lebih cenderung terlihat ngos-ngosan.

Hal inilah yang membuat mereka mudah lelah karena mengambil napas cepat seperti setelah olahraga atau melakukan kegiatan berat.

Menjadi Pemalas

Selain itu Anda yang menggunakan narkoba biasanya lebih suka tidur dan bermalas-malasan. Tidak energik dan ceria seperti biasanya.

Tidak Nafsu Makan

Dalam hal nafsu makan juga mengalami perubahan, biasanya mereka akan merasa malas makan karena tidak selera.

Namun ada juga yang bukannya tidak nafsu makan namun malah menjadi makan secara berlebihan, tidak seperti biasanya.

Anak Menjadi Emosional

Dari sisi karakteristik juga akan mengalami perubahan karena cenderung menjadi pribadi yang emosional dan sensitif.

Bahkan saat bercanda sekalipun anak akan lebih mudah tersinggung oleh hal-hal sepele yang biasanya tidak membuat mereka marah.

Kesalah kecil yang dilakukan orang lain akan dianggap sebagai masalah besar yang mengganggu kepentingan mereka.

Selain itu mereka akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan berpikir dimana ujungnya akan mengganggu pendidikan dan sosialnya.

Demikianlah tanda-tanda anak-anak sudah menggunakan NAPZA. Orang tua wajib tahu agar dapat mengambil tindakan di saat yang tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.