Februari 29, 2024

Tidak Ada Peraturan Khusus dari Pemerintah di Perayaan Tahun Baru 2023

Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk merayakan pergantian Tahun 2022. Baik konser musik atau pergelaran acara besar lainnya sudah dapat dilakukan saat perayaan pergantian Tahun Baru 2023.

Bukan hanya itu, kembang api, pawai atau konvoi serta kegiatan ibadah lainnya juga diperbolehkan tanpa ada pembatasan. Hal ini telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bapak Muhadjir Effendy.

“Untuk tahun ini, sudah tidak ada pembatasan. Tapi ketentuan-ketentuan masih berlaku, termasuk juga di dalamnya penyelenggaraan ibadah, namun pada prinsipnya, untuk tahun ini, perayaan Natal dan Tahun Baru sudah dibolehkan,” kata Muhadjir.

Dari segi keamanan, pemerintah akan memastikan pergantian Tahun Baru 2023 berjalan dengan lancar. Pengamanan ‘Operasi Lilin 2022’ Nataru juga mulai dilakukan selama sebelas hari, sejak 23 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

Syarat bikin konser dan pawai

  • Konser

Pemerintah telah membuat beberapa ketentuan dalam menyambut malam Tahun Baru 2033. Berikut aturannya:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan konser musik dan pergelaran acara besar lainnya sudah dapat dilakukan saat perayaan pergantian Tahun Baru 2023, namun ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh penyelenggara acara. Pemerintah meminta penyelenggara untuk menerapkan pengendalian kerumunan sesuai aturan pemerintah.

  • Pawai dan konvoi

Untuk masyarakat yang akan mengikuti pawai dan konvoi menyambut Tahun Baru 2023, diharapkan agar tidak menggangu keselamatan serta kenyamanan pengguna jalan. “Pawai konvoi tetap diperbolehkan, jika bisa nanti jangan mengganggu keselamatan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan raya” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Selain itu, Menparekraf memastikan persiapan sektor pariwisata menyambut libur Natal 2022 juga Tahun Baru 2023 akan berlangsung aman serta nyaman untuk para wisatawan. “Persiapan natal dan tahun baru sudah mencapai final kita pastikan kegiatan pariwisata serta ekonomi kreatif di nataru ini bisa berlangsung aman serta nyaman,” kata Sandiaga.

Simak semua berita terbaru tentang tahun baru 2023 hanya di News.ashefanews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.