Mei 19, 2022

Tips Perawatan Mobil Agar Tetap Dalam Kondisi Prima

Mobil merupakan kendaraan yang diidamkan banyak orang. Pasalnya mampu membawa lebih dari dua orang secara bersamaan. Maka, penting bagi Anda untuk memahami tips perawatan mobil agar tetap awet dan tahan lama.

Sebagai kendaraan yang sering dipakai maka kualitasnya bisa menurun. Bahkan fungsi sistem kendaraan juga tidak akan bekerja seperti semula. Hal ini menjadi alasan Anda untuk terus merawat mobil.

Kebanyakan orang sering mengabaikan kendaraan karena merasa baik-baik saja. Padahal jika tidak sering melakukan perawatan bisa jadi mengalami kerusakan bagian dalam. Agar lebih paham simak tips berikut.

Untuk mendapatkan kendaraan yang awet dan tahan lama Anda harus rajin melakukan perawatan secara rutin. Biasanya perawatan tersebut bisa dilakukan secara mandiri maupun servis ke bengkel terdekat secara berkala. Apapun jenis mobilnya Anda harus selalu memperhatikan kualitasnya.

Adapun hal yang harus Anda perhatikan sebagai berikut.

Memilih Bahan Bakar yang Sesuai

Tips perawatan mobil yang pertama ada di bagian bahan bakarnya. Ketika berkendara menggunakan mobil pilih bahan bakar yang sesuai. Dalam hal ini Anda harus memilih bahan bakar yang tepat karena sangat berpengaruh terhadap kerja suatu mesin. Pasalnya bahan bakar yang sesuai membuat mesin menjadi lebih baik dan tidak kotor.

Bahan bakar yang salah menyebabkan mesin tidak terawat. Hal tersebut juga lebih cepat menimbulkan kerusakan pada komponen kendaraan. Isilah bahan bakar pada tempat yang resmi sehingga tidak campuran atau original.

Rutin Cek dan Ganti Oli

Agar mobil tetap terawat dengan baik Anda bisa rutin cek dan ganti oli. Biasanya akan tertera pada buku manual seperti yang sudah dianjurkan. Dalam hal ini setiap 10.000 Km atau 6 bulan sekali sudah harus ganti.

Bagi Anda yang sistem penggunaan mobil untuk kebutuhan sehari-hari dan menghadapi kemacetan menggantinya setiap 5000 Km. Apabila tidak rajin melakukan penggantian oli maka mesin mobil terasa kasar serta warna oli sudah menghitam dan encer.

Tips perawatan mobil ini sangat penting dilakukan. Oli memiliki fungsi untuk mengurangi terjadinya gesekan antar komponen, pendingin, pembersih kotoran, dan anti karat untuk kualitas mesin. Tentunya oli akan bekerja terus menerus dan terekspos oleh udara dan panas yang memotong daya pakainya.

Mengisi Radiator dengan Coolant

Perawatan mobil bisa dilakukan dengan mengisi radiator menggunakan coolant. Anda perlu memastikan air tersebut selalu terisi secara berkala dan tidak boleh kekeringan. Pada dasarnya air radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin yang sedang bekerja.

Penggunaan air coolant mampu bekerja dengan maksimal sehingga tidak membuat mesin mobil terlalu panas. Air coolant merupakan senyawa kimia yang anti karat. Hal tersebut memungkinkan untuk menjaga ruang radiator dalam kondisi tetap bersih dan awet.

Jangan lupa untuk selalu mengecek jenis cairan untuk kebutuhan mobil. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan air wiper dengan pengisian air bersih saat sudah mulai habis.

Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Tips perawatan mobil berikutnya dengan selalu rajin memanasi mesin sebelum digunakan. Hal tersebut sangat penting agar komponen mesin tidak mudah rusak. Jika jarang digunakan maka Anda perlu melakukan pemanasan yang cukup lama.

Ketika memanasi mobil sebaiknya tunggu hingga suhu mesin panas atau jarum indikator panel dashboard sudah menunjukkan panas. Namun, jika kendaraan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari biasanya tidak perlu memanaskan mobil dalam waktu lama.

Jangan lupa sebelum berkendara cek semua perlengkapan pada mobil termasuk ban, bahan bakar, rem, dan lain sebagainya. Hal tersebut guna mendukung kendaraan agar tetap prima saat menyusuri jalanan. Selain dipanaskan cek semuanya seperti lampu, kopling, dan lain sebagainya.

Rajin Membersihkan Mobil Usai Digunakan

Tips perawatan mobil yang bisa Anda lakukan dengan selalu rajin membersihkan kendaraan usai digunakan. Membersihkan mobil secara rutin mencegah kerusakan dan juga karatan. Terutama ketika Anda usai melakukan mobilitas tinggi dan melewati area rawan banjir.

Pasalnya air hujan dan sungai cenderung mengakibatkan timbulnya karat pada komponen mobil. Hal ini membuat Anda harus bisa menjaga kebersihan mobil. Jangan sampai terlena karena kualitasnya bisa menurun drastis dan tidak tahan lama.

Rajin Service

Nah, ini adalah tips yang wajib Anda perhatikan dengan selalu rajin membawa mobil untuk service. Penting bagi Anda untuk selalu membawa kendaraan ke bengkel yang sesuai dengan jenis mobil. Lakukan service secara rutin untuk menjaga komponen tetap dalam kondisi prima. Anda bisa menggunakan aplikasi bengkel mobil untuk memesan service terbaik.

Melakukan service ke tempat resmi memungkinkan Anda untuk memperoleh spare part original. Walaupun lebih mahal tetapi kondisi mobil dijamin lebih baik daripada service di bengkel biasa. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri untuk menjaga kualitas dan kinerja kendaraan agar tetap maksimal.

Dengan memahami tips perawatan mobil Anda bisa berkendara dengan nyaman tanpa perlu khawatir terjadi kerusakan di tengah jalan. Sehingga menjadi kemudahan bagi Anda untuk terus berkendara ke berbagai lokasi. Kunjungi bengkel terdekat untuk memperoleh sparepart kendaraan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *