September 18, 2021

Toyota Raize & Daihatsu Rocky Fokus Mesin Turbo

Toyota Raize & Daihatsu rocky Fokus Mesin Turbo – Apalagi jika bukan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua SUV yang dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) itu telah resmi diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia.

Nah, yang menarik, kedua mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pilihan mesin pertama adalah mesin Turbo 1000cc 3-silinder yang merupakan top of the line keduanya. Dan opsi kedua adalah mesin 1200cc 3 silinder yang saling melengkapi. Jika versi mesin turbo sudah dirilis, lalu kapan versi n/a akan dirilis ke konsumen? Mari kita bahas.

 Mesin 1.200cc 3 Silinder Semester 2

Jadi, baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky yang sudah dilepas ke pasaran adalah varian dengan mesin 1.000cc 1KR-VET 3 silinder Turbo. Sedangkan varian mesin WA-VE 1200cc 3-silinder belum dirilis ke publik. Selidiki kalibrasi, Toyota baru akan memperkenalkan versi 1.200cc dari Toyota Raize pada paruh kedua tahun 2020.

Toyota Naikkan Target 4 Kali Daihatsu Rocky

Menariknya, kedua mobil kembar tersebut memiliki target yang berbeda. Padahal, jika bicara angka, target yang ditetapkan TAM dan ADM memiliki perbedaan yang signifikan.  Lantas, bagaimana dengan Toyota Raize? TAM mematok target lebih tinggi 4 kali lipat dari Daihatsu Rocky. Yap, Toyota Raize ditargetkan bisa menjual 2.000 unit setiap bulannya. Angka ini cukup besar untuk sebuah produk yang baru saja dirilis.

Mengapa Hadir Opsi 1.200cc 3 Silinder?

Nah, pertanyaan selanjutnya, kenapa Toyota dan Daihatsu menghadirkan pilihan mesin 1200cc n/a? Apalagi pilihan mesin ini berbeda dengan mesin 1200cc yang kita kenal di Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Pilihan mesin 1.200cc ini menggunakan konfigurasi 3 silinder, berbeda dengan mesin 3NR-VE 1.200cc 4 silinder yang kita kenal. Apalagi kita semua tahu bahwa mesin 3 silinder bukanlah mesin yang populer di Indonesia. Dengan adanya platform baru, peluang hadirnya mesin baru yang telah disesuaikan dengan platform ini juga muncul. Menariknya, hanya di Indonesia Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memiliki 2 pilihan mesin.

Skema harga Toyota Raize karena diskon PPnBM

Sekadar informasi, TAM untuk tahap pertama baru saja resmi memperkenalkan mesin Raize 1.0 liter turbocharged. Rencananya, pada kuartal II tahun ini mereka akan memperkenalkan varian mesin 1,2 liter (non-turbo) dengan harga lebih murah.

Berikut harga 4 varian Raize 1.0 liter Turbocharger setelah dikenakan diskon PPnBM:

  • Toyota Raize G M/T: Rp 236,8 juta hingga Rp 219,9 juta (hemat Rp 16,9 juta)
  • Toyota Raize G CVT: Rp 251,1 juta hingga Rp 233,1 juta (hemat Rp 18 juta)
  • Toyota Raize GR Sport CVT: Rp 263,2 juta hingga Rp 244,7 juta (hemat Rp 18,5 juta)
  • Toyota Raize GR Sport CVT TSS: Rp 283,8 juta hingga Rp 263,7 juta (hemat Rp 20,1 juta).

Perbedaan Mesin 1.0T vs 1.2 NA pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tersedia dalam 2 pilihan mesin, yakni mesin 1.0 liter Turbo 3-silinder dan mesin 1.2-liter naturally aspirated 3-silinder.

1.0 Mesin Turbo

Mobil Raize dan Daihatsu Rocky adalah mobil pertama dari grup manufaktur triple-elips di Indonesia yang menggunakan mesin kecil turbocharged. Ini sesuatu yang baru bagi konsumen Indonesia. Mesin 3 silinder 998cc di Raize and Rocky mampu menghasilkan tenaga maksimal 98 PS pada 6000 rpm dan torsi puncak yang besar hingga 140 Nm pada 2400-4000 rpm. Itu cukup kuat untuk SUV sub-kompak kecil.

Kekurangan dari mesin ini adalah adanya turbolag yang merupakan ciri khas dari mesin turbo, dimana pada putaran awal tenaga tidak terasa langsung tersalurkan ke roda penggerak. Ada jeda beberapa detik saat pedal gas ditendang ke bawah hingga tenaga maksimal terasa di cengkeraman roda. Khusus pada varian matik, kedua mobil tersebut diberikan transmisi CVT yang fokus pada penghematan bahan bakar.

1.2 Mesin Penyedotan Alami

Varian termurah Raize dan Rocky mendapatkan mesin Naturally Aspirated 1.2 liter atau tepatnya 1.198 cc. Namun hal ini berbeda dengan mesin pada Calya dan Sigra, karena merupakan mesin 3 silinder. Meski berukuran lebih besar, mesin 1.2L memiliki tenaga dan torsi yang lebih kecil dibandingkan mesin 1.0L Turbo.

Keunggulan dari mesin ini tentunya adalah konsumsi bahan bakar yang sangat irit terutama pada mesin Turbo 998cc. Jadi Raize dan Rocky sangat cocok dijadikan mobil second, untuk transportasi harian di kota yang sering macet atau untuk blusukan ke gang sempit.

Demikian pembahasan mengenai toyota raize & daihatsu rocky fokus mesin turbo, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *