September 29, 2022

VPS: Apa Definisi dan Cara Kerjanya?

Apakah Anda sudah pernah mendengar salah satu produk populer komputasi server? Anda harus mengetahui lebih dalam lagi apa itu VPS. Sehingga akan memahami lagi bagaimana cara kerjanya.

Definisi VPS 

VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Server. Virtual Private Server merupakan server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. Penggunaan VPS ini bisa digunakan secara pribadi dan keseluruhan resourcenya oleh satu pengguna saja.

Disebut sebagai virtual server karena sifatnya maya sehingga tidak memiliki fisik. Sebab, server menggunakan teknologi virtualisasi hardware server fisik. Server fisik tersebut terbagi menjadi beberapa resource yang berbeda.

Pada dasarnya, teknologi virtualisasi yang ada pada server fisik yang dijalankan beberapa virtual server. Sehingga memungkinkan untuk menginstall OS serta software tambahan sesuai kebutuhan. Sehingga tidak perlu lagi melakukan shared hosting.

Cara Kerja VPS

Lalu bagaimana cara kerja VPS ? Setiap virtual server akan melayani beberapa sistem operasi dan perangkat lunak. Sehingga bisa melakukan konfigurasi dengan cepat. 

Virtual Private Server paling banyak digunakan untuk Cloud Computing. Jika membicarakan masalah konsep dari VPS bersifat virtual. Walaupun memang tidak murni menempati satu server saja, melainkan memiliki proses, user, files dan full root access. 

Setiap VPS memiliki alamat IP, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. Selain itu, masih ada install software aplikasi sendiri atau konfigurasi root applications software.

VPS bisa saja diibaratkan sebagai apartemen di dalam gedung besar. Sedangkan untuk server fisiknya yaitu gedung tersebut. Setiap VPS memiliki bagian sendiri-sendiri untuk menentukan resource yang disewakan ke pengguna.

Perbedaannya dengan Server Lain

Simak perbedaan VPS dengan jenis server lainnya, yaitu:

Dedicated Server

Untuk Dedicated Server merupakan sebuah server dengan resource dengan spesifikasi besar. Anda akan menyewa  semua server fisik untuk digitalisasi bisnis. Sehingga Anda bebas menggunakan server sesuai dengan kebutuhan terutama untuk situs dengan trafik tinggi. 

Sedangkan VPS memiliki resource yang lebih kecil. Serta merupakan hasil dari pembagian dari Dedicated Server.

Shared Hosting

Sedangkan jika dibandingkan dengan Shared Hosting, server ini berasal dari sebuah VPS yang telah terbagi. Sehingga jika Anda membeli Shared Hosting, maka harus bersedia resource dalam satu VPS.

 

Rekomendasi VPS Indonesia Terbaik

Bila anda sedang mencari vps indonesia terbaik, Ardhosting bisa jadi pilihan yang tepat.

Ardhosting adalah merupakan brand image dari PT. ARDH GLOBAL INDONESIA yang berdiri pada tahun 2000 dengan fokus jasa layanan berbasis teknologi cloud hosting terpercaya dan handal Indonesia. Ardhosting bahkan menyediakan paket VPS Indonesia murah

Berlangganan di Ardhosting memiliki keunggulan dibanding jenis server lainnya. Selain harganya murah mereka menyediakan hosting dengan bandwidth unmetered Indonesia sehingga anda tidak perlu pusing lagi dengan kebutuhan bandwidth anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.